Home > Multimedia, Tentang Guru, TIK > Hati-Hati dalam Mengemas Multimedia Pembelajaran

Hati-Hati dalam Mengemas Multimedia Pembelajaran

Pernah suatu ketika ada seorang guru yang mengajar di sekolah favorit berkata, “Ketika saya mengajar dengan menggunakan multimedia, kok siswa saya biasa-biasa saja, tidak merasa lebih tertarik, dan nampaknya mereka malah kelihatan bingung.”

Hal di atas benar-benar saya dengar langsung. Dan saat itu saya mengatakan, “Ah, masak begitu?’ Beliau menanggapi, “Iya, Pak. Saya sendiri ya jadi kapok menggunakan media seperti itu lagi.” Lalu akhirnya saya mengatakan, “PAK NJENENGAN SAAT ITU KELIRU DALAM MENENTUKAN ATAU MENGEMAS MEDIA. MEDIA MESTINYA MENARIK DAN MEMPERJELAS MATERI YANG DIAJARKAN DAN TIDAK SEMUA MATERI PAS DIMEDIAKAN DENGAN MULTIMEDIA.”

Pengalaman di atas perlu kita cermati dan jadikan pelajaran berharga. Siapkan dengan baik segala sesuatu yang hendak digunakan dalam mengajar. Hati-hati dalam mengemas dan memilih media. Tidak selamanya media yang dibuat dengan teknologi mahal dan membutuhkan waktu cukup lama dalam membuatnya selalu lebih baik. Khusus mengenai multimedia presentasi pembelajaran dengan komputer dan LCD Projector hendaknya dikemas sedemikian rupa sehingga tampilan media tidak terkesan hanya menjadi pengganti papan tulis. Multimedia presentasi yang hanya terdiri dari tulisan (teks), meskipun tampilnya teks disertai dengan animasi, akan membosankan bagi siswa. Usahakan pada media yang kita buat disisipi dengan gambar, bahkan kalau ada sertai juga dengan film. Tidak perlu malu-malu jika harus menggunakan media karya orang lain (ambil dari internet) yang ada. Syukur kalau dapat memberi sedikit editing sehingga tidak terkesan asal ambil. Seorang pakar multimedia ‘Romi Satrio Wahono’ mengatakan, “Untuk membuat multimedia pembelajaran gunakan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).”

Categories: Multimedia, Tentang Guru, TIK
  1. Taufik
    October 5th, 2011 at 12:48 | #1

    bener mas.. cocok, kalo buat media hanya tampilannya teks… sama aja memindah buku ke papan tulis, utk itu perlu kreatifitas aplikasi lain, menurut sy guru jg perlu bljr photoshop, corel draw, adobe premiere…dll, spy mengcreate presentasi multimedia lebih menarik…mempermudah pemahmn siswa…..

  2. October 5th, 2011 at 16:07 | #2

    Semoga teman2 guru ke depan semakin ict literate.

  3. Rofie’ asykaria
    January 22nd, 2012 at 15:26 | #3

    Yth. Bapak Mursyid
    Salam hormat dan salam kenal, Terimakasih pak,,, materinya bagus2 dan sangat bermanfaat bagi kami para guru. izin ngunduh n share nggih… smg ilmu yg anda bagi akan menjadi amal jariyah,, dan semakin barokah ,, Amien,,

  4. January 24th, 2012 at 15:01 | #4


    Salam hormat juga. Thanks telah berkenan singgah di sini.

  5. June 17th, 2012 at 11:36 | #5

    kelas-kelas di tempat saya semua pakai LCD Pak Mursyid, meskipun satap. Dan hampir semua guru mahir dan punya lepitop. Membuat tampilan flash nampaknya akan selalu menarik bagi siswa. he.he..

    Salam.

  6. M Mursyid PW
    June 17th, 2012 at 17:17 | #6


    Siiip, Pak. Saluuuut…!

  1. No trackbacks yet.

Guna memastikan anda bukan SPAMMER, jawab dulu quiz ini dengan benar untuk meninggalkan komentar (wajib diisi):