Home > Motivasi, Multimedia, Tentang Guru, TIK > Membuat Multimedia Pembelajaran

Membuat Multimedia Pembelajaran

Berkali-kali saya diundang untuk mengisi kegiatan pelatihan pembuatan multimedia pembelajaran bagi guru. Namun tidak jarang akhirnya hanya bikin teman2 mumet lantaran kuata waktu pelatihan dan keinginan yang kurang mempertimbangkan dasar pengetahuan. Kebanyakan inginnya langsung minta Flash, padahal temanteman peserta powerpoint sederhana saja belum pernah bikin. Sebaiknya mulailah dari yang sederhana dulu. Buat karya media dengan powerpoint atau open offive.

Aplikasi Powerpoint hingga saat ini masih menjadi primadona dalam pembuatan berbagai macam media presentasi, termasuk media presentasi pembelajaran.

Dengan Powerpoint, bagi kita yang bahkan masih berpengetahuan minim mengenai computer-pun, dengan kemauan keras, akan dapat membuat karya media presentasi berbasis TI, karena salah satu keunggulan aplikasi program ini adalah tersedianya fasilitas perangkat (tool) untuk membuat animasi dan slide design yang dapat dipilih secara instan sehingga para pengguna program ini dapat menciptakan karya media presentasi modern dalam waktu yang relative sangat singkat.

Tidak satupun perangkat lunak yang dapat memenuhi semua kebutuhan/keinginan pengguna/ user-nya, termasuk powerpoint. Maka dalam hal tertentu, misal: peng-edit-an audio, gambar/foto, film video, dan pembuatan animasi yang kompleks yang perlu kita sisipkan pada media presentasi yang sedang kita buat, diperlukan software/perangkat lunak lain sebagai pendukung. Di antara software pendukung yang sering digunakan yaitu:

  • Photoshop untuk meng-edit gambar/foto
  • Video Editing Software (Pinnacle, Ulead, Adobe Premiere, dll)
  • Flash/Swis/3DMax untuk membuat animasi
  • Cool Edit Pro atau Audacity yang free itu untuk mengedit audio/suara.
  • VBA (Visual Basic Application) untuk pembuatan kuis.

Powerpoint 2003 telah cukup memadai untuk membuat karya media presentasi sederhana seperti diuraikan di atas. Namun Powerpoint 2007 akan dapat lebih menghasilkan karya yang lebih mengagumkan karena pengguna/user semakin dimanjakan oleh tools yang lebih sederhana tetapi dapat menghasilkan tampilan media yang lebih kini. Kemudahan dalam membuat variasi gradasi warna dan membuat object shape dengan fasilitas bevel yang dapat membuat object shape nampak lebih tebal berkesan seperti tiga dimensi hanya dengan satu klik.

Untuk mengoptimalkan proses latihan bagi para guru SMPN 1 Doro, saya luncurkan sebuah CD program tutorial Pengoperasian Powerpoint 2003 dan 2007   (yang saya buat dengan FLASH) mulai dari tingkat dasar sampai dengan langkah-langkah membuat Media Presentasi Pembelajaran dari awal hingga  akhir. Semoga Tuhan senantiasa membimbing kita (guru) yang berniat memperbaiki kwalitas mengajar dengan menggunakan Multimedia Presentasi Pembelajaran.

  1. Taufik
    October 5th, 2011 at 13:03 | #1

    kalo mau bljr editing video sebaiknya pake program apa ya mas..

  2. October 22nd, 2011 at 07:36 | #2

    bagus idenya semoga ide ini dapat saya cobakan di tempat saya mengajar. saya juga guru di salah satu SMP swasta di Pekanbaru Riau
    ini alamat blogsitenya http://smpnf.wordpress.com
    salam juga untuk semua gurunya.

  1. No trackbacks yet.

Guna memastikan anda bukan SPAMMER, jawab dulu quiz ini dengan benar untuk meninggalkan komentar (wajib diisi):