Home > Multimedia, TIK > Menggunakan Trigger pada Powerpoint Untuk Membuat Multimedia Pembelajaran

Menggunakan Trigger pada Powerpoint Untuk Membuat Multimedia Pembelajaran

Selama memandu teman-teman guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis TIK selama ini, hal yang paling menyolok saya temukan adalah kurangnya para guru menguasai tools/fasilitas aplikasi program presentasi (PowerPoint), meskipun beberapa dari teman-teman guru tersebut telah sering menggunakannya sebagai software andalan dalam membuat alat bantu mengajar. Sejauh ini, kebanyakan media presentasi hanya menampilkan deretan tulisan dengan animasi berlebihan yang kadang justru  mengaburkan materi inti yang sesungguhnya. Singkat cerita, computer dan projector yang hampir setiap sekolah telah miliki masih hanya difungsikan tidak lebih dari sekedar menggantikan papan tulis. Sayang, kan?

Perhatikan screenshot sample media di atas. Melihat tampilannya mungkin anda tidak akan menduga kalau media tersebut saya buat dengan powerpoint. Jika bagian kotak kosong diklik akan tampil nama dari bagian yang dimaksud. Hal itu saya buat dengan memanfaatkan fasilitas trigger yang disediakan PowerPoint.

Melengkapi fasilitas Hyperlink-nya, Trigger pada PowerPoint dapat membuat multimedia pembelajaran yang kita buat lebih dinamis, interaktif, dan menarik. Dengan trigger ini pulalah kita dapat membuat kuis yang lebih hidup. Apa itu trigger? Trigger dalam bahasa Indonesia memiliki arti ‘pemicu’. Pada PowerPoint, trigger merupakan obyek yang berfungsi semacam click-button (tombol klik) untuk mengendalikan kapan custom animation mulai berjalan/berhenti. Sebagai latihan dasar, jika anda mau melakukannya, ikuti langkah-langkah INI. Lebih jauh, jika anda tertarik, anda dapat mengunduh template/contoh media yang telah saya buat di SINI.

Untuk ini saya telah membuat tutorial-movie Membuat Media Pembelajaran dengan PowerPoint 2003 maupun 2007 yang telah saya paket dengan Flash. Sayang, tutorial ini tidak mungkin saya upload di internet, karena file-nya besar. Khusus teman-teman guru di Kab. Pekalongan yang berminat memiliki tutorial tersebut, silahkan menghubungi pak Muhtarom (matematika) dan atau pak Hadi Parwoto (IPA). Silahkan di-copy dan digandakan sebanyak-banyaknya untuk disebarluaskan pada teman-teman lain yang serius ingin mengembangkan multimedia pembelajaran.

Categories: Multimedia, TIK
  1. amity
    July 23rd, 2012 at 15:02 | #1

    Assalamualaikum Pak…
    saya tertarik untuk bisa membuat Membuat Media Pembelajaran dengan PowerPoint 2003 maupun 2007/2010 tetapi saya tinggal di kota Tasikmalaya, bagaimana untuk bisa mendapatkannya?
    Terimakasih atas bantuannya

  2. M Mursyid PW
    July 23rd, 2012 at 21:09 | #2

    @amity
    Untuk mengunduh tinggal klik saja link download-nya (kata ‘INI’ dan ‘SINI’ yang berwarna biru di atas), Mbak/Neng. Atau silahkan menuju halaman ‘TUTORIAL‘.

  3. October 21st, 2012 at 01:48 | #3

    Pak, mohon ijin untuk mendonlod dan menggunakan templatenya. Saya ingin belajar untuk mengotak-atik pak. Terima kasih

  4. M Mursyid PW
    October 21st, 2012 at 02:33 | #4

    @Muhammad Nuralim
    Silahkan…!

  5. August 26th, 2013 at 03:42 | #5

    saya sangat tertarik dengan tampilannya. bagaimana caranya saya agar saya bisa mendapatkan tutorialnya. tapi tempat saya sangat jauh. saya berada di Samarinda (Kalimantan Timur), bisakah pak di kirima ke seklah saya. SMP Negeri 1 Samarinda Jl. kadrie Oening Komplek Perumahan Kehutanan dan PWI. Tolong pak berapa biayanya dan harus saya kirim kemana. Trims

  6. M Mursyid PW
    August 26th, 2013 at 08:17 | #6

    @syamsudin
    Di atas kan sudah sy buat tautan untuk mengunduh tutorial/langkah2nya, termasuk contohnya, pak.

  1. No trackbacks yet.

Guna memastikan anda bukan SPAMMER, jawab dulu quiz ini dengan benar untuk meninggalkan komentar (wajib diisi):