Home > Multimedia, TIK > Tips Mengelola Menu Multimedia Pembelajaran

Tips Mengelola Menu Multimedia Pembelajaran

Guru masa kini dituntut menguasai teknologi informasi dan komunikasi guna mendukung proses pembelajaran sekaligus merupakan wujud pengembangan profesi berkelanjutan. Sebagai salah satu bentuk implementasi atas tuntutan tersebut adalah dengan mengembangkan media presentasi pembelajaran berbasis ICT. Yang menjadi masalah adalah masih terlalu sedikit guru yang telah berkesempatan untuk mengikuti pelatihan sehingga kebanyakan guru yang telah berusaha memanfaatkan fasilitas TIK yang tersedia di sekolah belum mampu menyusun/mengembangkan multimedia pembelajaran sebagaimana mestinya baik dalam hal interface design (desain tata letak antar muka), tata alur dan alir, maupun kelengkapan menu.

Pada tulisan ini, akan saya bahas apa dan bagaimana mestinya mengelola menu pada multimedia presentasi pembelajaran yang kita buat lengkap dengan contohnya yang dapat di-download. Multimedia pembelajaran idealnya menyediakan menu sebagaimana yang tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang meliputi, identifikasi media (judul dan sasaran) sebagai tampilan awal, yang kemudian diikuti oleh apersepsi sebagai pengantar menuju menu (sajian) utama.

Merujuk pada RPP, multimedia presentasi pembelajaran yang utuh harusnya terdiri dari menu yang meliputi:

  • Tujuan Pembelajaran~Menu Tujuan Pembelajaran terdiri dari Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD) dan Tujuan Pembelajaran itu sendiri. Menu Tujuan Pembelajaran ini sangat penting ditampilkan karena siswa berhak mengetahui apa tujuan mereka mempelajari materi tertentu.
  • Materi Pembelajaran~Menu Materi Pembelajaran berisi tentang sajian materi pokok yang diawali dengan apersepsi. Di sinilah seorang guru harus pandai-pandai mengeksplorasi materi dengan menggunakan animasi/video, image, juga audio. Animasi/video, image, juga audio yang dimaksud adalah yang berkenaan dengan penjelasan materi dan bukan sekedar merupakan aksesoris. Jangan sampai terjadi  Animasi/video, image, juga audio justru malah akan mengaburkan materi inti yang sebenarnya. Guru juga harus tetap menjaga agar interaksi antara siswa dengan guru dan temannya tetap terjadi mengingat konsep pembelajaran masa kini mesti sudah tidak lagi menerapkan metode pembelajaran linear dan menggantikannya dengan model pembelajaran interaktif kooperatif. Perlu digarisbawahi bahwa multimedia presentasi pembelajaran adalah sekedar sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran, bukan menggantikan peran guru.
  • Simulasi/Latihan Soal~Ketersediaan menu Simulasi/Latihan Soal sangat penting untuk mengecek sejauh mana siswa telah menguasai materi yang dipelajari. Simulasi/Latihan soal mesti dirancang semenarik mungkin. Kalau bisa sediakan juga feedback yang konstruktif.
  • Tes/Evaluasi/Uji Kompetensi~Menu ini terdiri dari pertanyaan/soal untuk mengukur sajauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Maka soal/pertanyaan yang dibuat harus merujuk pada tujuan pembelajaran. Pada multimedia presentasi pembelajaran sebenarnya tidak perlu dengan menyajikan kuis yang dapat menghasilkan skor. Namun jika mampu membuat evaluasi yang dapat menampilakan skor atau nilai tidak ada jeleknya juga. Evaluasi yang menuntut dapat menampilkan skor adalah evaluasi pada multimedia pembelajaran mandiri.
  • Glosarium/Daftar Istilah~Menu ini berisi daftar kata/istilah penting yang perlu disangatkan dalam sajian materi.
  • Referensi~Menu Referensi berisi daftar referensi. Menyediakan menu referensi sangat penting dalam rangka untuk menghargai karya orang lain. Penulisan daftar referensi sebaiknya juga mengikuti aturan yang ada. Jika beberapa referensi diambil/diunduh dari situs di internet, sebaiknya juga di-link ke alamat situs tersebut.

Demikian sedikit tips yang dapat saya bagi. Perlu saya tegaskan bahwa saya tidak sekedar berteori. Sayapun dalam membuat media pembelajaran selalu menyediakan menu seperti yang saya urai di atas. Beberapa media yang saya upload di blog ini memang tidak selengkap itu karena memang media yang saya sediakan untuk diunduh tersebut adalah versi yang sudah sangat saya sederhanakan agar ukuran file-nya bisa sekecil mungkin sehingga mudah di-upload maupun di-download.

Bagi anda yang penasaran dan membutuhkan, silahkan download template menu media yang saya buat dengan Adobe Flash CS3 di SINI, Powerpoint 2007 di SINI.

 

Categories: Multimedia, TIK
  1. M. Irham
    January 14th, 2014 at 16:37 | #1

    saya akn gunakan media ini dengan sebaik2nya.

  2. Reni Agustina
    January 15th, 2014 at 08:12 | #2

    Assalamualaikum Pak…
    Saya pengunjung setia blog Bapak. Bahkan sudah banyak materi yang saya donwload. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak, karna media yang Bapak buat dan bagikan ini sangat membantu saya.
    Semoga Allah SWT membalas budi baik Bapak karna selalu membagi media pembelajaran yang sangat bermanfaat.
    Sekali lagi saya ucapkan terima kasih… :)

  3. January 15th, 2014 at 15:35 | #3

    @Reni Agustina
    You are welcome, Bu. Bahagia sekali memiliki tamu maya seperti Ibu.

  1. No trackbacks yet.

Guna memastikan anda bukan SPAMMER, jawab dulu quiz ini dengan benar untuk meninggalkan komentar (wajib diisi):